Spikoe resep kuno adalah kue yang pertama kali di kembangkan oleh kolonial Belanda di Indonesia dan menjadi kue lapis tradisional versi indonesia saat ini. Kue yang berciri khas manis, lembut, teksturnya yang seperti spons namun kokoh ini berisi adonan kue dari tepung, kuning telur, serta mentega kemudian di campur dengan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, bunga pala dan adas manis.

Spikoe resep kuno sangat populer di Indonesia, dan produksi nya sendiri berada di kota Surabaya. Spekkoek telah melecit sampai ke mancanegara, bahkan terkenal di kalngan para artis. Kelezatan rasanya yang khas membuat siapa saja yang mencicipinya akan merasakan kenikmatan yang berlapis-lapis dari tiap gigitannya.

Varian dari Spikoe resep kuno ini antara lain rasa classic original dan old style.

Spekkoek classic original dengan lapisan atas spekkoek vanila yang dilapisi dengan olesan selai strawberry dan spekkoek coklat di lapisan kedua kemudian beri spekkoek vanilla di lapisan terakhir, dengan kata lain, spekkoek varian ini ada rasa vanila dan coklat. Old style adalah spekkoek vanilla cinnamon dan spekkoek coklat yang di taburi kismis serta selai strawberry di setiap lapisannya.